Tuesday, March 2, 2021

CURCOL : Bulan oooh Bulan

 



Agak melow.

Hahaha, well, sebenernya ga musti melow, sih.

Jadi ceritanya, aku yang sebulan bisa dua kali kena period, tumbenan bulan Februari kemarin malah ga dapet sama sekali. Aneh dong?

Aku doping pake jamu yang biasa dikonsumsi biar si period lancar jaya, udah abis enam botol, belum dateng juga tuh bulan. ‘Wah, ada yang ga beres ini!’ Begitu kira-kira aku ngebatin.

Awalnya sih biasa aja. Ya jelas biasa aja, apa yang diharepin saat IUD masih nemplok rapi di dalem sana, yakan? Hahaha.

Sampe akhirnya beberapa temen update di media sosial, tentang kehamilan mereka yang ‘menerobos’ IUD. Dan itu bukan satu atau dua temen. Wheitzzz, terprovokasi kan tuh daku pun! Akhirnya, baca-baca lagi lah tentang IUD, kemungkinan-kemungkinan yang terjadi saat penggunaannya, bahkan efek ‘gagal’-nya. Uhuk, namanya juga benda buatan manusia, intinya tidak bisa menjamin 100% efektivitasnya, betul? Semakin dugun-dugun lah aku.

Ngobrol bareng suami tentang ini. Agak relate dengan bahasan kami terakhir tentang kontrol dan konsul lagi ke obgyn perihal  program kehamilan selanjutnya. Lha, dia salah tingkah aku bilang ga mens sebulan dan kasus temen-temen yang jadi hamidun walaupun pengguna IUD juga. Kalo aku tangkep, kayaknya doi mulai ngarep haha.

Anyway, awal mula aku pake IUD itu memang berkaitan dengan alasan medis. Jadi, waktu lahiran Anis, ternyata kondisi rahim aku bisa dibilang kurang baik. Ogbyn yang handle  SC aku langsung minta suami buat tanda tangan consent letter untuk pemasangan IUD di tengah-tengah proses persalinan. Serba dadakan, emergency, dan di luar ekspektasi kalo bisa dibilang. But, who we are? Aku dan suami berpikir, dokter pasti lebih tahu secara teori dalam hal ini. Akhirnya kita ikuti sarannya untuk pasang IUD setidaknya tiga tahun, sampe rahim bisa dikatakan ‘siap ditempati’ kembali.

Kemarin, gegara tragedi ‘mendadak honeymoon’ pas staycation terakhir, bikin aku dan suami terlibat #halah pembicaraan agak serius tentang kehamilan ke-dua. Faktor usia yang bikin kita akhirnya aware untuk segera ambil keputusan, mau bikin adeknya Anis atau cukupkan saja haha.

Karena semua hal yang serba kebetulan dan berkaitan itu, akhirnya aku mutusin buat ngelakuin pregnancy test. Terniat, aku pesen test pack lewat aplikasi kesehatan online, padahal waktu itu mulai hujan cuy. Ga kasian gitu sama kurir yang nganterin, seolah ga bisa ditunda lagi buat nge-cek status terlambatnya si bulan ini.

Dag-dig-dug. Gugup. Throw back time ke masa-masa dulu pas masih jadi pejuang dua garis.

Sebenernya, ini juga bukan kali pertama aku test begini di saat IUD masih terpasang. Dulu sih tiap nge-cek ya biasa aja sensasinya. Ga tegang, ga excited. BIASA.

Namun, kali ini beda. Aku kayak yang antusias, grogi, cemas, campur aduk.

Sampe akhirnya, hasil test keluar.

SATU GARIS.

Uhuk, entah kenapa ada rasa sedih, kecewa. Mungkin saat ini aku juga mulai ngarep, mulai pengen ada tambahan anggota pasukan, mulai siap? Entahlah. Yang pasti beberapa jam setelah pregnancy test itu, si bulan yang menggemparkan pun datang. Wahahahaha. SEKIAN.

 


2 comments:

  1. Ah jadi ingat masa-masa galau mau lepas IUD buat anak kedua. Sempat mikir mau nambah anggota keluarga dulu atau mau renovasi rumah dulu. Duh sama para tetua malah dimarahin kalau nggak pantes membandingkan 2 hal itu. Anak itu rejeki titipan Allah yang nggak bisa ditunda sekedar untuk urusan duniawi. Akhirnya diputuskan lepas IUD. Eh Alhamdulillah anak hadir, dan 3 tahun kemudian renovasi juga.

    Semoga Anis bisa segera dapat adik ya Neng Nad.

    ReplyDelete
  2. Iya, Teh. Kadang keraguan itu timbul dari kekhawatiran yang kita buat sendiri ya. Padahal kan anak juga pasti bawa rejekinya masing-masing 😶


    Aammmiiinn, makasih Teh Shan 💙

    ReplyDelete