Thursday, March 19, 2020

Hidden Gem, Cerita Si Lumpia Kering


Hidden gem! Sebenernya ini bukan hal baru kali ya, udah banyak yang seliweran jual panganan ringan ini. Tapi, ini kali pertamanya aku bikin sendiri. Wow, masyaAllah, puas mak! Secara ya kan, kita bisa bikin dalam jumlah banyak, dengan takaran dan racikan bumbu "kocok"-nya yang bisa disesuaikan selera kita. Kayak sekarang ini, aku bikin 2 versi dari lumring (lumpia kering) ini. Versi pertama buat bos Anis yang jelas tanpa bumbu kocok MSG. Jadi, aku bikin campuran garam dan kaldu jamur Totole yang dihaluskan (cukup dihaluskan dengan sendok kok). Nah, buat ayah ibuknya, sebagai generasi 90an penyuka micin-micin club, pastinya pake bumbu kocok beraneka rasa, kebetulan aku pake produk Indofood, Bumbu Perasa Kentang Goreng. Selain itu ditambah sedikiiiit sekali garam, karena bumbu Indofood ini memang kurang "nendang" gitu rasanya. Mungkin enggak perlu penambahan garam lagi kalau misalnya pake produk Cap Atom Bulan atau Antaka. 

Untuk bahan-bahannya sendiri gampang banget ditemukan, yaitu :
1. Kulit Lumpia (beli atau bikin sendiri juga boleh, lha tapi aku sebagai mamak-mamak kurang rajin pastinya beli jadi aja dong ๐Ÿ˜‚)
2. Campuran tepung terigu dengan air, dibuat agak sedikit kental, untuk lekatan kulit lumpia
3. Minyak goreng
4. Bumbu kocokan (udah dibahas di atas yaa tentang ini)

Cara buatnya, parah sih gampang banget, tapiiii ya tetep butuh niat dan keinginan luhur untuk bikinnya. Segampang apapun kalau niatnya ga nyampe, ya enggak bakalan jadi kan ๐Ÿ˜.
Back to process, jadi kita bisa pake sedotan untuk memudahkan proses menggulung kulit lumpia. Satu per satu kulit lumpia digulung percis seperti akan membuat pisang aroma, tau kan? Nah tapi ini isiannya seolah-olah sedotan tadi. Di ujung gulungan, kita olesi dengan campuran tepung-air, kemudian rekatkan gulungan. Tarik sedotan. Terus sisihkan, lanjutkan kulit lumpia lain hingga habis. Selanjutnya, gulungan-gulungan tersebut dipotong kecil-kecil dengan gunting. Goreng deh dengan api kecil sambil terus diaduk. Setelah agak coklat, angkat, tiriskan. Biarkan minyaknya turun sempurna, bisa dengan dialasi kertas tissue. Setelah dingin, tambahkan bumbu kocok, that's all! Mudah banget kan. 

Anyway, aku ada tips kulit lumpia nih. Aku punya kulit lumpia favorit. Belinya di warung sayur, supermarket, pasar, mudah ditemukan. Mereknya : Kulit Lumpia KD. Enggak udah dibahas lha yaa KD tuh singkatan apa, karena aku bukan produsennya bukibuk ๐Ÿ˜…. Ini resep umi mertua, kata beliau mรฉrรฉk ini terbaik! Anti hancur pas dipisah dan digulung, rasanya gurih, krekesnya renyahh warbyasa, and those are true! ๐Ÿ˜‚

Baiklah mamak-mamak hobi kriuk semua, sekian ceramah mengenai lumpia-keringnya. Bisa dicoba dipraktikkan di rumah masing-masing, mayan sebagai tambahan kegiatan mengisi self-quarantine, juga memfasilitasi hobi kriuk mamak-mamak sekalian. Jangan lupa makannya dimulai dengan Basmallah, perasaan gembira, dan doa terkhususkan "lindungi kami semua dari Covid-19" ๐Ÿ’™. Semoga kita semua sehat selalu yaaa ๐Ÿฅฐ

No comments:

Post a Comment