Monday, May 4, 2020

Resep Ibu Anis : Brownies Panggang


Selamat menunaikan ibadah shaum Ramadhan bagi yang melaksanakannya! Btw, shaum itu identik dengan yang manis-manis kan yaa. Nah, kali ini ibu Anis mau berbagi resep yang sudah teruji langsung di dapur mungilku. Panganan yang akan dibahas adalah Brownies Panggang. Wah, kalo di rumah sih enggak ada tuh yang enggak suka bronis. Dari ayah, ibu dan bahkan Anis-nya pun demen banget sama kue padat kaya akan rasa cokelat tersebut. Dibandingkan dengan bronis kukuspun, bagi kami, bronis panggang seperti lebih unggul di lidah. Tekstur krekes-nya itu lho yang ngangenin

🥧 Brownies Panggang🥧
Bahan yang digunakan :
125 g cokelat batang
120 g gula halus
100 g butter / mentega
100 g tepung terigu protein sedang
40 g cokelat bubuk
2 butir telur ayam
Optional topping : chocochips, keju, rajangan kacang almond dll 

Cara membuat :
1. Lelehkan butter/mentega, setelah leleh semua, masukkan cokelat batang, terus diaduk hingga mentega dan cokelat homogen dan leleh sempurna. Sisihkan (1).
2. Campurkan tepung terigu dengan cokelat bubuk, aduk merata (2).
3. Campurkan dalam mixing bowl : gula halus + telur, kemudian dikocok dengan whisker / mixer hingga tercampur dan sedikit mengembang adonannya.
4. Tambahkan campuran (1) ke dalam mixing bowl tersebut sambil terus di aduk. Setelah itu, masukkan sedikit demi sedikit campuran kering (2), homogenkan.
5. Tuangkan adonan ke dalam loyang kue yang telah diolesi dengan margarin atau kertas roti. Ketuk-ketuk agar adonan memadat di dalam loyang.
6. Taburi toppings sesuai selera.

Ketentuan memanggang :
1. Panaskan oven terlebih dahulu selama kurang lebih 10 menit di suhu 200°C. Lalu turunkan suhu ke 180°C.
2. Panggang adonan dengan suhu sedang-tinggi (sekitar 180°C) selama 20 menit. Cek bronis dengan cara ditusuk dan tidak basah. 
3. Di sisa 10 menit akhir, panggang dengan suhu rendah (sekitar 120°C).
4. Segera keluarkan loyang bronis dari oven, diamkan sesaat agar suhu turun, ketuk-ketuk untuk mengeluarkan bronis dari loyangnya.

Gimana? Mudah kan? Bisa dijadikan alternatif menu berbuka puasa juga. Silahkan mencoba 💙

No comments:

Post a Comment