Tuesday, May 19, 2020

CERPEN : Kata dalam Tiga Minggu

Minggu, 19 April 2015
Rutinitas, lari pagi weekend di Sabuga. Ngejer sehat sembari sedikit cuci mata. Ya kali aja berat badan bisa terjun bebas ke angka 55. Pasti udah mirip artis Korea gue. Hehe. Eh jangan ah, katanya nanti juga ini badan bakal ngurusin sendirinya. Ya enggak heran sih. Ya udah kan ya dinikmatin aja. Pokoknya, jarum timbangan nyentuh angka 55, i will definitely take a special pic wearing my dream gown, best gown ever.

Anyway, si mbak nyiapin sarapan nasi goreng ikan asin kesukaan. Alamak, selera banget sih. Haha. Baru aja bahas turun berat badan, ehh udah craving makanan lagi. Hihi, gapapa lah ya. Selagi nikmat makan itu ada.

Senin, 20 April 2015
Seneng banget enggak sih bisa kembali ke kampus lagi. Duh, seriusan, kangen parah sih gue sama Luna, Xena, Amara, Dito, Yasir, kalkulus, kimia analisis, fisika terapan, haha, pastinya yang tiga terakhir hoax lha yaa. Lo juga pasti ngeuh kok, hihi. Tapi bener deh, suatu hal yang kita enggak suka ada kalanya menjadi hal yang paling kita rindukan. Hazek kan gue. 

Tau enggak, tau enggak, sekalinya ngampus, gue papasan doong sama Rey. Ahh, rejeki anak sholeha banget kan. Pake acara lempar senyum segala, sepaket pula sama lesung pipit yang malu-malu kucingnya. Yassalaaam. Kampus bersinar dibuatnya. Pengen banget gue kneeling trus berharap, Yaa Allah, please, freeze this moment for me, freeze the time instead. 

Selasa, 21 April 2015
Habis gelap, terbitlah terang. Pengen mainstream ah, berterimakasih dengan segala kekhusyuk-an untuk Raden Ajeng Kartini. Karena beliau, gue bisa terlepas dari beban "lo puber, lo nikah". Setidaknya, gue kenyang lah ngerasain nikmatnya (beneran nikmat nih???) belajar, dari TK, SD, SMP, SMA, kuliah. Bersyukur banget, gue bisa ngerajut lebih banyak cerita dibanding anak seusia gue zaman ibu Kartini. Eh btw, jadi kepo nih, nakalnya remaja zaman dulu tuh apa dong ya? Hehe, lancang bener sih Raaas.

Nah, ini ada berita agak positif nih dari gue. Apa coba? Haha. Yaayy, my first day in fully hijab. Alhamdulillaaah. Hidup kan musti ada perbaikan kan? Bener atau bener? Iyaa, tau banget gue masih beragajul, jauh dari anggun, tau guee. Lha ya tapi kan maksudnya kagak usah investasi dosa juga kan ya. Yang gue bisa lakuin, ya gue lakuin. Sekarang, saat ini, tanpa embel-embel "kalo nanti gue abla abla abla, gue mau berubah". Lo pikir Kamen Rider apa? To make a move for positivity doesn't need any reasons. Siapa yang bakal jamin sih besok lo masih bisa ongkang-ongkang kaki jajan bakso di kantin? Atau bisa cekikikan dengerin cerita garing Dito, yang ternyata, makin garing dari waktu ke waktu, haha, sorry Dit. None can guarantee for you to stay alive even a minute later. Noh, catet!

Rabu, 22 April 2015
Agak pening. Agak mual. Tapi, seblak mak Ahoy canggih sih. Bisa memutar balikkan segala keadaan hati, halaah. Nuhun mak Ahoy, you saved my life. Haha. Kebayang dong, kerupuk inul berpadu sengan kerupuk oren, diolah dengan bumbu rahasia serta ceplokan telur. Tak lupa tiktuk cikur dan cuanki lidahnya. Last but not least, kucuran micinnya yang seolah lo lagi main pasir di pantai pas nuanginnya. Tapi sudah beberapa waktu ini gue stop per-micin-an. Sebagai generasi micin ya gue agak kehilangan juga. Buat lo lo semua yang masih bisa pada makan seblak pake micin, lo beruntung! Haha. Tapi, kalo boleh gue sedikit saranin, kurangin lah ya konsumsinya. Syukur-syukur lo bisa nerapin diet no micin, gue bakal dukung lo, actually. Denger nih, mencegah itu lebih baik daripada mengobati, penyesalan itu selalu di akhir, karena kalo di awal ya namanya DP a.k.a Down Payment haha.

Kamis, 23 April 2015
Pindahan juga akhirnya. Ciee, kamar baru niyee. Haha. Must item enggak boleh banget sampe lupa dibawa. Sahabat paling setia, paling ngerti, dalam kondisi apapun. Diari. 

Sejak kapan ya gue nulis di diari gini? Kelas 8 atau 9 gitu? Intensnya sih gue hapal, pas kelas 10. Soalnya gue dapet hadiah perpisahan SMP gitu dari gebetan gue, isinya diari. Dari situ mulai rajin banget deh ngejurnal diri. Itung-itung lekat sama yang ngasihnya juga kan haha. Secara, dia lanjut SMA di Surabaya. Ujung-ujungnya dia macarin anak Surabaya juga kan. Kocak. Haha. Tapi, makasih banget deh buat dia, akhirnya gue bisa rutin nulis begini, nemuin sahabat yang sebener-benernya sahabat. Walau buku dari dia udah ke laut, penuh, dan ini bahkan udah diari ke 7 gue setelah pemberian dia. But, it is all because of him basically. I never feel alone.

Jumat, 24 April 2015
Mataharinya cantiiik banget hari ini, masyaAllah. Cerah, terik, tapi udaranya seger, enggak terlalu gerah. Gue duduk di kursi bawah pohon favorit gue. Spot baru yang gue temuin di tempat baru, ayey. Enggak tau kenapa kalo duduk di sini tuh semacam ide ngalir deras. Ide buat nge-halu sih sebenernya haha. If I... If I... Ahh, stop it, Saras. 

Untuk setiap helaan nafas yang masih gue hirup, gue sudah sangat bersyukur banget. Tapi, kalo bisa sampe traveling ke Bali sih bakal lebih syukur lagi, hihi. Kangen banget sama udara laut. Atau udara gunung. Kangen ngebolang, my another hidden passion. Inget banget perkataan om gue yang seorang pilot, dia bilang, "Bumi Tuhan itu luas sekali dan sangat unik. Apa enggak terlalu sayang untuk dilewati begitu saja?" Jujur aja, sejak saat itu gue makin gandrung sama yang namanya traveling. Gue kerja part time itu ini, nyelang sekolah sama kuliah, ya buat ini sebenernya. Jalan-jalan. Walaupun buat melanglang-buana sekali dua kali butuh nabung setahun penuh. Those were worth to wait deh. Mudah-mudahan, gue masih berkesempatan.

Sabtu, 25 April 2015
Kedatengan gank gisrek, ya Allah, bahagia banget, Alhamdulillaaah. Katanya, beres kuliah umum, yang hobi banget diadain Sabtu-Sabtu, mereka langsung mutusin bertamu, tepatnya, merusuhi gue haha. Tapi, relaaa deh gue mah sering-sering dirusuhin mereka. Obat mujarab. Bisa ketawa bebas, ngobrolin hal receh tapi ngehibur. Itu kan yang paling gue butuhin? Ya cuman, gue juga sadar diri sih. Mereka lagi sibuk-sibuknya perkuliahan kan. Praktikum sana praktikum sini. Kejer-kejeran tugas, quiz, jurnal. Makanya, mereka bisa bertandang kali ini aja gue udah sangat sangat terharu biru. Makasih kalian, yang walaupun gisrek tapi gue sayang. Makasih karena udah ada dibagian cerita hidup gue.

Hmm, terlalu seru hari ini, sampe lelah banget rasanya. Ekspektasi sih nuangin semuanya ke tulisan, sedetail mungkin, tapi seriusan, lemes nih gue. Kebanyakan ketawa dan terlalu excited sepertinya dengan hari ini. Cukup dulu aja deh, insyaAllah besok kita temu lagi dengan kata lebih banyak ya my didi, panggilan kecintaan gue buat diari hihi. Good night, world!

Minggu, 26 April 2015
Di tempat baru ini setiap Minggu jadi sepi. Kadang, kalo lagi butuh ketenangan ya nyenengin juga sih begini. Tapi, hidup gue apa enggak kurang tenang gitu sehari-harinya, haha. Pengen jogging tapi udah susah dapet ijin nih. Apalagi mulai besok insyaAllah program baru gue dimulai. Makin jadi tawanan perang. Ayoo, Saras, semangat! Stay positive! Biar programnya berjalan lancar dengan hasil baik. Aammiin. 

Btw, tumbenan banget mama masakin Kebuli kesukaan gue. Lengkap sama acar nanas, krengseng dan sambel bawangnya. Wih, mantap! Masuk wishlist sebenernya ini, belajar masak! Terutama masak makanan favorit hihi. Nanti kita eksekusi yaa, Ras. Sekarang sih satu-satu dulu aja rencana diberesin, okey

Grogi nih ngadepin besok. Kejutan apalagi ya yang bakal terjadi nanti? Well, insyaAllah.

Senin, 27 April 2015
Program baru, bismillaah. Pasrah aja Ras, nikmatin, slooow. Satu persatu eksekutor masuk dengan jobdesk masing-masing. Suasana yang khas, bau yang khas, semuanya familiar buat gue, tapi tetep aja selalu bikin tegang di setiap sesinya. 

Beberapa udah gue kenal baik, saking seringnya kita ketemu dan komunikasi. Dan untuk mereka, rasa terima kasih aja kayak enggak cukup. Mereka bukan sekedar petugas, mereka keluarga baru buat gue.

Proses berjalan lancar, mudah-mudahan segala sesuatunya semakin lancar ke depannya.

Selasa, 28 April 2015
Eh, kenapa ya ini lengan sama pipi gue. Kok keluar bercak hitam kayak kebakar gitu. Enggak gatel sih, sakit juga enggak. Tapi, please deh, muka dong ini muka. Tak elok aja gitu rasanya. Haduh. Musti mulai liat-liat produk skincare baru nih kayaknya. 

Ada kejutan nih anyway. Bener-bener bikin terkejut deh pokoknya. Yasir nge-tele gue, he said : Ras, dapet salam tuh dari Rey, dia nanyain kabar lo pas tadi bareng di lab tekim. Ohhh goshhh! Bentar-bentar, gue enggak salah baca kan ini?! Bener kan ini??? Kyaaa, iyaa tau gue semurah itu. Dikirim salam sama Rey juga ini jantung udah macem tuker tempat sesaat sama paru, gagal nafas, sesek nyesek boo. Gila aja sih, Rey, yang keliatan acuh. Kenal sebatas nyapa "hai" sambil tuker senyum. Kenal sebatas "pernah" sekali doang, iya sekali, satu kelompok pas kuliah dasar jaman jebot. Kenal sebatas, ahh pokoknya apalah seonggok Saras ini buat cowok kece otak cemerlang macem dia. Tapi, gue ngerasa fair aja meski harus mengagumi dari jauh. Dia pantes kok dapet rasa kagum dari gue. Gimana enggak, dia yang wow itu, mau-maunya ngebopong gue yang pingsan beres disentak sama senior pas masa orientasi. Pake acara ngebela gue segala dengan cool-nya. Gue juga cuman dapet cerita ini dari temen-temen yang liat sih, tapi itu udah sangat cukup ngebentuk imaji yang indah tentang dia buat gue. Gue emang enggak kuat sama nada tinggi, trauma berat keinget gimana papa sering banget bentak mama sampe sempet collapse karena bentakan, enggak sadar diri, yang ternyata itu adalah serangan jantung. Bersyukur mama gue masih dikasih umur panjang sampe sekarang, dan hopefully terus berumur panjang. Usia gue 8 tahun, nyokap bokap akhirnya cerai.

Rabu, 29 April 2015
Ngeliat mama masuk dengan raut muka begitu, gue udah bisa nebak berita macem apa yang diterima. Not a good news, for sure. Gue cuman bisa kasih senyum terbaik dan pelukan yang erat buat dia. Gue cuman enggak pengen dia sedih, dia kecewa. Dia alesan gue terus bertahan dengan apapun yang terjadi. Belum cukup, dan kayaknya enggak akan pernah cukup, balas budi gue ke dia selama ini. Bahkan, kayaknya juga, gue lebih banyak ngasih kesusahan buat dia ketimbang kebahagiaannya. Maafin Saras ya ma, makasih..... 

Kamis, 30 April 2015
Gimana rasanya ketolak cinta? Sakit kan pastinya? Tapi, pernah enggak ngerasain tubuh lo nolak diri lo sendiri. Jangan ditanya gimana sensasinya. Aneh, enggak berdaya. Lumpuh, tapi sadar. Laper, tapi enggak bisa dan enggak pengen makan. Ngilu, linu, tulang seolah dilucutin dari daging-dagingnya. Pening, tapi enggak tau pasti bagian kepala mana yang nyeri. Bingung. Itu yang terjadi siang tadi. Kaget luar biasa. 

Hari ini gue kaget, udah gitu aja.

Jumat, 1 Mei 2015
Alhamdulillaaah, untuk bulan baru. Semangat baru, harapan baru. Gue bersyukur buat kesempatan lain yang udah Tuhan kasih di bulan ini. Semoga semua bahagia, semoga semua beruntung.

Sabtu, 2 Mei 2015

Minggu, 3 Mei 2015

Senin, 4 Mei 2015
Hari-hari yang panjang. Terlalu sibuk sampe sulit menuangkan dalam kata. Alhamdulillaaah, makasih mama, makasih Allah, untuk hari ini. Makasih diri, lo udah berjuang keras sampe tahap ini.

Selasa, 5 Mei 2015

Rabu, 6 Mei 2015

Kamis, 7 Mei 2015

Jumat, 8 Mei 2015

Sabtu, 9 Mei 2015
Hujan yang hangat, rintikan air turun diikuti aroma tanah dan sinar matahari yang tetap bersinar melawan mendung. Kau lah sinar matahari itu, Saras. 

Senyum yang ku tahu mengandung unsur paksaan, juga keibaan, entah kemana perginya ia kini. Aku rindu. 

Iya, tersisa 54.6 kilogram kini tubuhmu, gaun yang kau persiapkan itu seolah tak ada arti lagi. Masih tetap rapi tergantung di lemarimu. Tapi, kau lebih memilih untuk mengenakan gaun baru, dengan warna putih yang sama, tanpa jahitan. Hanya berhias dua pita di kedua sisi berbeda. Aku bahkan tak sanggup hanya sekedar mengambil gambar dan mengabadikannya. Berat, sayang.

Aku lega saat melihat selang-selang itu dicabut satu per satu, juga luka yang tiada tara tertoreh sembilu kasat mata tepat di jantungku. Bagaimana sekarang? Lebih baik kah yang kau rasa, sayang? Aku sangat berharap begitu.

Yang kita lakukan adalah ikhtiar, mungkin lebih ke obsesiku. Teringat betapa sudah lelahnya engkau dengan usaha-usaha yang telah aku jejalkan padamu. Tetapi, demi ketenanganku, kau jalani tanpa ragu, tanpa keluh. Terima kasih, sayang. Ternyata ini akhir dari kisahnya.

Bukan karena kau kalah. Justru kau sangat luar biasa hebat mampu bertahan sejauh ini. Ini lah kemenanganmu, sayang. Tempat terbaik sudah dalam genggamanmu.

Pengobatan terakhir kemarin, aku tahu sangat mengganggumu. Efek samping yang tak mengenakkan seperti bom menderu tubuh ringkihmu yang kian menyusut. Tapi, hanya itu yang bisa aku lakukan, sayang. Aku hanya ingin kau tetap ada, menemaniku lebih lama. 

Maaf, jika ternyata tubuhmu pun sudah terlalu lelah menghadapi semua. Tubuhmu sendiri menolak dengan caranya, pengobatan yang kata mereka, termutakhir dari negeri seberang. Ooh, begitu rupanya cara dirimu membuatku mengerti. Kau hanya ingin segala sakit ini terhenti. Dan kini kau telah di sana, tanpa sakit, tanpa nyeri, tanpa rasa tak menyenangkan lagi.

Selamat sayang, ucapkan perpisahan terakhir dan selamanya pada sel kanker yang dengan ganas telah menggerogoti kelenjar getah beningmu. Biarkan limfoma kehilanganmu, seperti ku kehilanganmu dan tak tahu lagi bagaimana cara untuk hanya sekedar memandang wajahmu.

Hari ini, tanah basah itu menyelimuti seluruh tubuhmu. Ditemani rintik-rintik hujan dan sinar matahari yang tetap terik. Seolah semua berebut untuk mengantar kepergianmu. 

Bahagia di sana, sayang.

Hanya lewat beberapa jam, tetapi aku sudah sangat merindukanmu.

Izinkan bersama ini ku tutup kisah di diarimu ini, nak. Mama sayang kamu, Saras, selalu.

No comments:

Post a Comment