Thursday, April 30, 2020

Resep Ibu Anis : Bolu Marmer Panggang Simpel

Baking is not only about skill, but experiment, improvement and art. Begitu deskripsi membuat kue menurut aku. Pengalaman pribadi sih, untuk menemukan resep yang "pas" itu butuh percobaan berkali-kali dari suggest resep yang sama dengan baker berbeda. Wah, ribet ya? Yaa, kalau aku sih justru disitu nikmatnya baking 🤭.

Setelah mencoba beberapa resep bolu marmer panggang yang simpel, akhirnya aku menemukan resep yang "pas". "Pas" disini berkenaan dengan bahan-bahannya yang mudah dan takaran sedang, prosesnya simpel, hasilnya juga oke 😁. Btw, resep kali ini aku sadur dari resep MAMA NIA lewat akun Youtube-nya, dengan sedikit modifikasi dalam penggunaan alat dan bahan.

Here the recipe anyway!

🍰Bolu Marmer Panggang Simpel🍰
Bahan :
100 g tepung terigu / 10 sdm
100 g gula pasir / 7 sdm
100 g margarin/mentega dicairkan
2 butir telur
1 sdt ovalet
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt vanila bubuk
2 sdt cokelat bubuk / 2 tetes perisa cokelat

Cara membuat :
1. Panaskan oven di suhu 200°C selama 10 menit, lalu turunkan suhunya menjadi 180°C.
2. Campurkan gula pasir, telur, ovalet, vanila bubuk, kemudian kocok dengan mixer selama kurang lebih 8 menit, atau dengan whisker hingga campuran mengembang.
3. Ke dalam campuran poin (2), masukkan tepung terigu yang sudah dicampur dengan baking powder sedikit demi sedikit sambil diaduk. Untuk hasil lebih maksimal, campuran kering (tepung terigu dan baking powder) diayak terlebih dahulu.
4. Masukkan margarin/mentega cair, aduk hingga tercampur homogen
5. Ambil sekitar 3 sdm adonan dan masukkan ke dalam mangkuk, campur dengan cokelat bubuk/perisa cokelat, aduk hingga warna homogen.
6. Adonan inti dimasukkan ke dalam loyang yang telah diolesi mentega/margarin/olive oil, kemudian di permukaannya masukkan adonan cokelat dan diaduk secara asal agar terbentuk motif marmer.
7. Hentak-hentakkan loyang agar adonan memadat.
8. Panggang di suhu 180°C selama 30 menit. Sambil dicek di 15 menit pertama, jika permukaan adonan menggosong maka turunkan suhu menhadi 160°C, jika adonan justru tidak mengembang maka naikkan suhu menjadi 200°C. 
9. Setelah 30 menit, keluarkan kue, diamkan hingga agak hangat, baru kemudian keluarkan dari loyang.
Agak seperti gosong di pojok, tapi sebenernya engga kok 😁
10. Siapkan kopi atau teh atau minuman favorit, nikmati kue bolu dengan seruputannya, ahh nikmaat 🤭 Cocok juga dijadikan menu berbuka puasa bahkan menu suguhan ketika lebaran nanti 🤩

Selamat mencoba bukibuk 💙

No comments:

Post a Comment