Monday, April 13, 2020

Mini Project Orientasi Komunitas Ibu Profesional


Bismillah.
Setelah mengikuti masa Orientasi Komunitas Ibu Profesional, yang dimulai sejak tanggal 1 Februari 2020, akhirnya sampailah tahap aplikasi dan eksekusi ilmu-ilmu yang sudah didapat. Ilmu yang luar biasa banyak dan masyaAllah keren itu pun akan dituangkan pada mini project yang merupakan ide awal dan insyaAllah menjadi sarana untuk learning by doing dalam berkomunitas, dimulai dari skala kecil dengan program sederhana. Saya pribadi memilih untuk memulainya dari ruang lingkup terdekat, yaitu keluarga, dengan harapan, jiwa berkomunitas dengan bahagia ini pun mampu ditularkan pada anggota keluarga lainnya, terutama untuk pengenalan pada Anis.

Bertepatan dengan datangnya bulan Ramadhan yang tinggal beberapa hari lagi, maka saya berusaha untuk memadukan project ini dengan jurnal Ramadhan yang sudah dibuat untuk diri sendiri dan keluarga. Sehingga semua program akan bersinergi. 

Sengaja poin "berbagi" yang menjadi sorotan, karena kebetulan saat ini Anis sedang di tahap pembelajaran dan pengenalan konsep berbagi, sehingga saya pikir cukup baik untuk melakukannya dengan sistem learning by doing ini, dengan harapan, Anis mampu mengenal "berbagi" dengan cara fun dan akan tertanam pada dirinya bahwa "sharing is fun".

Adapun project yang saya canangkan adalah sebagai berikut :

Project Plan

Judul : "Jurnal Ramadhan, Jum'at Berbagi"

Deskripsi : Menjadi salah satu bagian dari journal Ramadhan. Project ini dikhususkan untuk berbagi makanan ringan/takjil di setiap hari Jumat selama bulan Ramadhan untuk tetangga sekitar. Adapun menu yang akan dibagikan, disesuaikan dengan menu rumahan hari tersebut.

Kebutuhan/susunan tim : 
Ketua Pelaksana : Ibu
Keuangan : Ayah
Pembantu Umum : Anak ( M. Anis)

Sasaran: Tetangga sekitar tempat tinggal, terutama 2 rumah ke kanan dan ke kiri.

Waktu : Setiap hari Jumat selama bulan Ramadhan 1441 H. Bertepatan dengan tanggal 24 April 2020, 1 Mei 2020, 8 Mei 2020, 15 Mei 2020, 22 Mei 2020.

Tempat : Lingkungan rumah.

Estimasi dana :
Takjil setiap Jumat = Rp 150.000,-
Total estimasi = 5 x Rp 150.000,-
                          = Rp 750.000,-

Parameter keberhasilan
- Minimal tetangga 2 rumah ke kanan dan ke kiri mendapat jatah pembagian takjil
- Membagikan setidaknya 2 menu takjil di setiap jadwal
- Proses penyediaan dan pembagian melibatkan Anis dan suami sehingga silaturahim bisa terbentuk antar tetangga
- Pengenalan konsep berbagi dengan bahagia kepada Anis melalui cara sederhana dan dari kehidupan sehari-hari
- Pemenuhan salah satu poin di journal Ramadhan

Mudah-mudahan pelaksanaannya berjalan lancar, penuh keberkahan dan sesuai dengan target rencana. Bismillaah ๐Ÿ’™

2 comments:

  1. Assalamualaikum teteeeh, aku Puput dari IIP bandung ๐Ÿ˜ seneng banget baca rancangan project ini, pengen ikutan jugaaa hihi. semoga Allah lancarkan ya teh project nya ๐Ÿ’› kalau berkenan, silahkan kunjungi https://seesiput.blogspot.com juga yaaa ๐Ÿ˜Š

    ReplyDelete
  2. Wa alaykumusalaam teh Puput. Makasih ya sudah mampir. Wah, ternyata lumayan aktif blogging juga nih. Alhamdulillaaah udah ikut ngunjungi blog teh Puput๐Ÿ’™ sukses selalu sama blognya yaa ๐Ÿคญ

    ReplyDelete