Monday, February 10, 2020

A Little Escape : Lembang Park & Zoo


Honestly speaking, minggu ini tuh minggu yang super hectic buat Ayah Anis. Hampir tiap hari pulang malem, bahkan Sabtu pun tetap ada yang dikerjain. Jadi, Kami pikir, a lil escape would be nice tho

"Bang, Kita perginya ke tempat yang Anis bisa diabur dan Kita bisa agak nyantai yuk!". Tanpa pikir lama Ayah Anis menyarankan "Lembang Park & Zoo", karena kebetulan dari agak lama Kita pun udah memasukkan tempat ini dalam wishlist Kita. So, akhirnya Kita bersiap dan cuzzz menuju TKP. 

Lembang Park & Zoo terletak di Jalan Kolonel Masturi no. 171 Lembang. Kalo dari arah Lembang Kota atau Setiabudi,  LPZ ( singkatan Lembang Park & Zoo yee) ini tuh lokasinya sebelum Dusun Bambu dan setelah Imah Seniman.  Kebetulan aku ambil arah dari Arcamanik (rumah)  menuju Lembang Kota melalui shortcut Dago dan Punclut. Kurang lebih sekitar 1.5 jam perjalanan, termasuk berenti sekali di Alfamart.
Tiba di gerbang pertama. Gerbang ini kayak semacam parking gate gitu, jadi belom ada ticketing, cuman bayar parkir Rp 10.000,- untuk mobil. Parking lot-nya luaaaas banget. Jangan ditanya, parkiran deket entrance gate mah udah penuh pastinya, secara pas banget libur akhir pekan yekan, jadilah Kita dapet parkiran agak luar. Tapi eits, tenang aja, ada mobil wara-wiri yang disediain pihak LPZ untuk anter jemput dari parking lot ke entrance gate, GRATIS dan NONSTOP! Jadi buat mamak yang rempong bawa bocah macem Aku gini ya tenang juga sih jadinya, ga musti jalan (mayan) jauh lah 🀭.

Sampe di entrance gate / main gate udah keliatan tuh antrian pembelian tiket. Lumayan rapih sih, antara pembayaran tunai dan nontunai dipisah line antriannya. Harga tiket soft opening-nya Rp 40.000,- per orang untuk weekend (weekday Rp 35.000,-), anak di bawah usia 3 tahun masih FREE, yeaay, Anis masih gratisss πŸ˜πŸ˜‚. Harga segitu termasuk gratis satu kali main Trampolin dan satu kali gratis main carnival games (tapi kalo main carnival games-nya pake gratisan, pemberian hadiah ga berlaku πŸ˜‚), juga bakal dikasih bingkisan/goodiebag cemilan  di exit gate pas Kita mau keluar area. Anyway, tiketnya berupa gelang kertas gitu dan ada barcode-nya, jadi pas mau masuk ke arena LPZ-nya Kita nge-scan barcode itu baru deh bisa kebuka akses masuknya. Oya, noted yaaa, DILARANG BAWA MAKANAN DAN MINUMAN dari luar. Nanti di gate akses masuknya itu ada penjaga yang ngebantu dan juga meriksa bawaan Kita. Kalo kedapetan bawa makanan minuman ya musti dititipin di penitipan. Sebenernya ada enaknya juga sih, jadi Kita ga usah "ringkid" bawa barang terlalu banyak. Lagi juga, di dalem LPZ banyak stalls makanan ringan dan tempat makan besar kok dan menurutku harganya masih manusiawi untuk daerah wisata. Yaa, mungkin seharga makanan di Floating Market, masih terjangkau. Jadi ga usah takut kelaperan ya para perjuang perut 😁. Tapi lebih amannya, sebelum masuk Kita makan dulu dari rumah atau di luar 🀭.



Area wisata ini luas banget, dengan landscape lumayan agak naik turun, walopun ga securam di Dago Dream Park. Buat yang kurang fit, males jalan, ada penyewaan e-wheelchair, Rp 75.000,- per jam, tapi cakupannya terbatas, banyak arena yang restricted untuk e-wheelchair, jadi buat yang sehat wal afiat jalan lebih recommended 😁. Di LPZ ini ada zoo, aviary (kandang burung besar yang dibikin semirip mungkin dengan habibatnya dan kita bisa masuk ke dalemnya), rumah reptil (bentuknya kayak gua, unik sih), archery (arena memanah), equestrian (arena berkuda), danau buatan termasuk sepeda airnya, outdoor playground yang cukup luas dan bagus, storyland (semacam tempat bermain anak), trampolin, food court, resto/cafe, mini waterpark (tapi waktu Kami berkunjung sih lagi ga beroperasi, entah permanent ato temporary,  lagi juga males kali ya main air di daerah dingin gitu πŸ˜…), souvenir store. Restonya ada 4 : Mari Makan, Neko Cat Cafe, Quagga Green Cafe, sama soon opening Tiger Cafe. Kebetulan karena Anis cinta banget sama kucing, jadi Kami pilih ke Neko Cat Cafe. Di kafe ini ada rumah bermain kucing gitu, tiketnya Rp 30.000,- per jam. Di rumah kucing ini Kita bisa interaksi langsung dengan berbagai macam kucing yang dibiarin bebas berkeliaran, sambil duduk-duduk santai di beanbag, ayunan rotan, sofa-sofa, dan juga bisa nyemil-nyemil snack dan air mineral gelas yang disediain. Kalo mau beli pernak pernik perkucingan pun ada. Tempatnya cozy, tapi untuk yang alergi rambut kucing disarankan pake masker yaa, karena lumayan beterbangan tuh dimana-mana rambut kucingnya. Selain kafe kucing, Anis juga paling seneng sama area feeding sheeps and deers. MasyaAllah domba sama rusanya lucu-lucu, bersih, jinak banget. Betah deh Anis disitu. Gratis yaa, tapi kalo kita mau ngasih fee buat penjaganya boleh, ada fee box disitu.

So far, Anis bahagia banget main di Lembang Park & Zoo ini, Alhamdulillah. Ayah ibuknya juga bahagia sih 🀭. Tips bawa toddler ke tempat ini :
1. Pake topi
2. Pake celana panjang, kaos nyaman, usahakan pake sepatu
3. Bawa stroller buat yang anaknya masih betah di stroller-in, tapi kalo Aku pribadi milih buat ngelepasin Anis biar dia bisa explore, resikonya ya siap-siap aja buat ngejer-ngejer bocah πŸ˜„
4. Sunblock bisa jadi pilihan 
5. Sedia payung
6. Sedia baju ganti
7. Bawa minum (botol minum anak boleh)
8. Dateng pagi, agak siangan bisa panas banget atau malah hujan
9. Dateng pas badan fit 
10. Don't forget to be happy πŸ₯°

Selamat merencanakan liburan manteman πŸ’™πŸ’™πŸ’™

Rumah reptil area outdoor-nya 🐊
Nah yang ini rumah reptil area indoor, ala cave gitu ceritanya 🐍
Area primata, belum banyak sih jenisnya, tapi hewan-hewannya sehat dan aktif, kandangnya juga tertata rapi dan bersih πŸ™ˆ
Story Land, semacam arena bermain anak, dibuat style carnival, nah carnival games itu lokasinya disini ya πŸŽͺ
Ngaso dulu di Neko Cat Cafe πŸ˜‚


Anak sama ibuk pengen ngalay aja, padahal si anak ga dapet gelang tiket karena masih free 🀭
Goodie bag 🍭

2 comments:

  1. Penasaran sama tempat ini

    Saran nih mbak, ditambahkan sedikit foto suasana biar kebayang gt kaya apa sih disana hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih banyak mbak sarannya, insyaAllah nanti saya coba update pake foto yaaa. Makasih juga udah mampir πŸ₯°πŸ’™

      Delete